Tari Manca Meriahkan Upacara Bendera di Pulau Papagarang

Kamis, 17 Agustus 2017 | 21:42 WIB
Share Tweet Share

Tari Manca saat dipentaskan untuk memeriahkan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia, di Pulau Papagarang, kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (17/8/2017). [foto: indonesiakoran.com/ito umar]

[LABUAN BAJO] Pulau Papagarang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, menjadi salah satu pusat perhatian pada peringatan Hari Kemerdekaan ke - 72 Republik Indonesia (RI), Kamis (17/8/2017).

Maklum, pulau yang masuk kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) itu dipilih sebagai lokasi Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih, yang disiarkan secara langsung oleh salah satu stasiun televisi swasta nasional.

Untuk even akbar tersebut, warga Pulau Papagarang, Desa Papagarang, Kabupaten Manggarai Barat ikut ambil bagian, tidak saja sebagai petugas dan peserta upacara.

Warga setempat juga ikut memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan RI ini dengan mementaskan Tari Manca.

Tari Manca merupakan tarian khas masyarakat Desa Papagarang. Tari ini dilakoni oleh dua orang penari laki-laki.

Tari Manca masuk kategori tarian perang, mengingat salah satu atribut utama yang digunakan oleh para penari adalah pedang.

Bukan itu saja, sebab gerakan yang ditampilkan dalam Tari Manca, juga memperlihatkan 'pertarungan' antara kedua penari.

Mayoritas warga Pulau Papagarang bermata pencaharian sebagai nelayan, dan menghuni perkampungan besar di bibir pantai.

Selain Tari Manca, sejumlah atraksi seni dan budaya khas Manggarai juga memeriahkan perayaan 72 tahun Indonesia merdeka ini. Di antaranya adalah pementasan tari Caci, tari Tiba Meka, tari Ako Mawo, dan tari Ndundundake.

Baik upacara bendera maupun pementasan seni dan budaya, dipusatkan di Lapangan Kampung Papagarang, Desa Papagarang. Seluruh rangkaian acara dimulai Pukul 07.15 WITA dan berakhir Pukul 14.00 WITA.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar