Pemkab Manggarai Barat Apresiasi Festival Liang Ndara

Jumat, 18 Agustus 2017 | 20:33 WIB
Share Tweet Share

Suasana parade pembukaan Festival Budaya Liang Ndara 2017. [foto: indonesiakoran.com/ito umar]

[LABUAN BAJO] Pemkab Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, mengapresiasi pelaksanaan Festival Budaya Liang Ndara 2017.

Apresiasi tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat, Teodorus Suardi, dalam sambutannya saat membuka Festival Budaya Liang Ndara 2017, di Lapangan Sepakbola Liang Ndara, Kampung Cecer, Desa Liang Ndara, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (18/8/2017).

"Festival ini luar biasa. Saya merasa sangat bergembira. Saya tidak menduga acara ini begini hebat. Apalagi ini satu - satunya desa di seluruh wilayah Manggarai Barat yang berinisiatif memulai festival budaya," tutur Teodorus Suardi.

Selama ini, menurut dia, inisiatif pagelaran seni dan budaya selalu datang dari pemerintah.

"Namun kali ini, inisiatif sudah dimulai dari masyarakat. Ini sangat hebat, dan saya merasa bahagia diundang untuk hadir dalam festival ini," kata Teodorus Suardi.

Ia pun berharap, kegiatan serupa diikuti desa - desa lainnya dalam semangat yang sama, yakni mempertahankan dan melestarikan kebudayaan daerah Manggarai Barat sebagai salah satu destinasi wisata unggulan.

"Budaya merupakan daya tarik utama wisatawan. Saya sangat berharap, wisata budaya berkembang pesat di Desa Liang Ndara khususnya dan Manggarai Barat umumnya," tandas Teodorus Suardi.

Ia juga menyampaikan bahwa Kementerian Pariwisata RI telah memprogramkan dan menetapkan Desa Liang Ndara sebagai salah satu Desa Wisata Tradisi dan Seni Budaya.

Pada kesempatan tersebut, Teodorus Suardi membuka secara resmi Festival Budaya Liang Ndara 2017 dengan memukul "Pepak" (alat bunyi dari bambu, red).

Tampak hadir dalam pembukaan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat Blasius Jeramun, Camat Mbeliling, serta tamu dari Kementerian Pariwisata RI.

Reporter: Ito Umar

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar