Besok, Perayaan 17 Agustus Digelar di Pulau Papagarang

Rabu, 16 Agustus 2017 | 11:09 WIB
Share Tweet Share

Persiapan upacara bendera di Pulau Papagarang. [foto: indonesiakoran.com/ito umar]

[LABUAN BAJO] Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, akan merayakan 17 Agustus di Pulau Papagarang, Taman Nasional Komodo (TNK), Kamis (17/8/2017) besok.

Perayaan untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia ini, bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), pelaku pariwisata, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Remaja Masjid, Orang Muda Katolik, Pemuda Kristen, serta Perhimpunan Wartawan Manggarai Barat (PWMB).

Menurut rencana, perayaan akbar ini akan disiarkan secara langsung oleh stasiun Metro TV.

Rabu (16/8/2017), berbagai persiapan telah dilakukan untuk memeriahkan acara ini. Persiapan tidak saja berlangsung di lokasi yakni di Pulau Papagarang, namun juga di Labuan Bajo.

Siswa-siswi SD dan SMP di Pulau Papagaran, misalnya, tampak antusias mempersiapkan upacara Pengibaran Bendera Merah Putih. Sementara di Labuan Bajo, pihak penyelenggara juga mematangkan persiapan teknis penyelenggaraan kegiatan live event dimaksud.

Menurut rencana, para peserta nantinya akan mengenakan pakaian sesuai dengan lembaga atau instansi masing-masing. Sementara sebagian lagi, akan mengenakan kostum adat Manggarai Barat.

"Kami mengapresiasi Metro TV yang telah menunjuk Labuan Bajo sebagai salah satu tempat untuk live event peringatan Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia," kata Ketua FKUB Kabupaten Manggarai Barat, Romo Robert Pelita.

Menurut dia, even ini penting artinya bagi Kabupaten Manggarai Barat yang telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Sebab dengan even yang akan disiarkan secara langsung tersebut, maka dengan sendirinya akan mempromosikan pariwisata di Manggarai Barat.

"Selain promosi wisata, even ini juga diharapkan sebagai media untuk menunjukkan kepada dunia, bahwa kita di Manggarai Barat sangat mencintai budaya dan keberagaman yang kita miliki," tutur Romo Robert Pelita.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan tersebut nantinya tidak saja dilakukan upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Pulau Papagarang.

"Berbagai atraksi seni dan budaya juga akan kita tunjukkan, di antaranya pementasan tarian Caci," papar Romo Robert Pelita.

Selain sekolah di Pulau Papagarang, siswa dari SMK Stella Maris Labuan Bajo dan SMP Ignatius Loyola Labuan Bajo juga ambil bagian dalam memeriahkan kegiatan yang mengusung tema "Kerja Bersama Membangun Pariwisata Indonesia, Tanah Air Kita" ini.

Reporter: Ito Umar

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar