Partisipasi Masyarakat Kunci Kemajuan Daerah

Sabtu, 22 Juli 2017 | 14:06 WIB
Share Tweet Share

Ilustrasi

[LABUAN BAJO] Partisipasi masyarakat merupakan salah satu kunci penting dalam upaya memajukan daerah.

Partisipasi masyarakat juga menjadi pilar penting dalam akselerasi program pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah

Demikian terungkap dalam Seminar Publik yang diselenggarakan oleh Forum Demokrasi Sosial, di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (21/7/2017).

Seminar Publik ini bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Seminar ini dihadiri oleh kaum muda Manggarai Barat," papar Ketua Panitia, Elvis Jehama.

Menurut dia, seminar ini digelar untuk menggugah partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Sebab kemajuan daerah dan akselerasi program pemerintahan pusat serta daerah, tergantung pada tingkat partisipasi masyarakat di dalamnya.

"Pemerintah pusat sangat gencar mengedepankan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, karena negara ingin hadir di tengah - tengah persoalan masyarakat," tandas Elvis Jehama.

Sementara Yosep Hadi, salah satu peserta seminar, meminta pemerintah agar skema partisipasi masyarakat dalam membangun daerah dan negara tersebut disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, khususnya di pedesaan.

"Kami juga berharap agar rekomendasi yang merupakan hasil seminar benar-benar sejalan antara keinginan masyarakat dengan program pemerintah," tutur Yosep Hadi.

Seminar Publik ini mengusung tema 'Partisipasi, Pondasi Kesadaran Rakyat', dengan keynote speaker Soedarmo dari Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.

Sementara narasumber dalam seminar ini, menghadirkan Wakil Bupati Manggarai Barat Maria Geong dan tokoh muda Wilibaldus Kuntam.

Kegiatan ini dilanjutkan Sabtu (22/7/2017) hari ini, dengan diskusi publik yang mengusung tema 'Merajut Kebhinekaan Indonesia'.

Reporter: Alfrendolino
Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar