Pilkada Manggarai Barat 2020, PKS Buka Pendaftaran Bacabup-Bacawabup

Rabu, 09 Oktober 2019 | 13:38 WIB
Share Tweet Share

Pengurus DPD PKS Kabupaten Manggarai Barat bersama Panitia Penjaringan Bacabup -Bacawabup, usai memberikan keterangan kepada wartawan. [foto: indonesiakoran.com/itho umar]

[LABUAN BAJO, INDONESIAKORAN.COM] Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), akan membuka pendaftaran bakal calon bupati (Bacabup) dan bakal calon wakil bupati (Bacawabup) yang siap bertarung pada Pilkada Manggarai Barat 2020 mendatang.

PKS mempersilahkan kader maupun non kader untuk mengikuti proses penjaringan tersebut, tanggal 15-17 Oktober 2019. Khusus untuk formulir pendaftaran, sudah bisa diambil di Rumah Khidmat PKS di Marombok, Labuan Bajo, sejak 9 Oktober 2019.

"Untuk pendaftaran kami buka tanggal 15 sampai 17 Oktober 2019, dari Pukul 08.00 sampai 16.00 WITA. Pengambilan formulir pendaftaran sudah bisa dilakukan mulai tanggal 9 Oktober," kata Ketua Panitia Penjaringan Bacabup -Bacawabup DPD PKS Manggarai Barat, Abdul Rahmad, dalam konferensi pers di Rumah Khidmat PKS di Marombok, Labuan Bajo, Selasa (08/10/2019) sore.

Menurut dia, untuk penjaringan ini pihaknya terbuka bagi siapa saja masyarakat yang berniat maju pada Pilkada Manggarai Barat 2020. PKS tidak memungut biaya ini proses ini.

"Penjaringan ini sangat fleksibel. Kita terbuka untuk siapa saja yang mendaftar. Dan proses ini tidak dipungut biaya," ujar Abdul Rahmad, yang didampingi Sekretaris DPD PKS Kabupaten Manggarai Barat Andi Mamma dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PKS Kabupaten Manggarai Barat Saleh Muhidin.

Ia menjelaskan, ada beberapa poin penting sehingga pihaknya menggelar penjaringan kandidat ini. Di antaranya, penjaringan yang akan dilakukan oleh DPD PKS Kabupaten Manggarai Barat merupakan proses demokratisasi, dan memberikan pendidikan politik kepada publik. Proses ini terbuka untuk putra - putri terbaik Tanah Komodo.

"Mereka yang mendaftar akan kita bahas dalam rapat yang melibatkan semua pengurus dari tingkat ranting, desa dan kecamatan sampai di tingkat kabupaten. Hasilnya akan kita kirim ke DPW PKS Provinsi NTT, tetapi sudah dalam bentuk pasangan calon bupati dan wakil bupati. Minimal kita usulkan dua pasangan calon," urai Abdul Rahmad.

Sementara itu Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PKS Kabupaten Manggarai Barat Saleh Muhidin, menjelaskan, PKS memiliki dua (2) kursi di DPRD Kabupaten Manggarai Barat.

Walau hanya dengan modal dua kursi, pihaknya mengklaim tetap memiliki posisi tawar pada Pilkada Manggarai Barat 2020. Itu pula sebabnya, PKS membuka proses penjaringan ini.

"Dengan dua kursi, kami punya nilai tawar untuk melangkah dalam Pilkada Manggarai Barat 2020. Oleh karena itu, kami minta para bakal calon yang mau mendaftar, silahkan memanfaatkan waktu tiga hari yang kita berikan ini," kata Saleh Muhidin.

Reporter: Itho Umar
Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar