Kunjungan Wisata Dunia Catat Kenaikan Tertinggi dalam 12 Tahun

Rabu, 19 Juli 2017 | 06:03 WIB
Share Tweet Share

Keindahan Raja Ampat, Papua. Foto: kemlu

[MADRID] Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) merilis data terbaru kunjungan wisatawan ke seluruh dunia pada Jumat (14/7/2017) lalu. Data kunjungan wisatawan kuartal pertama (Januari-April) 2017 menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan periode yang sama pada 2016. 

"Dibandingkan kuartal pertama 2016, terjadi peningkatan kunjungan wisatawan sebesar enam persen," sebut WTO dalam rilisnya.

Jumlah wisatawan yang terdata per kuartal pertama di semua lokasi wisata di seluruh dunia mencapai 369 juta orang. Jumlah tersebut naik 21 juta dibandingkan periode Januari-April 2016.

Peningkatan tertinggi diraih kawasan Timur Tengah dengan kenaikan sebesar lebih dari 10%. Sementara itu, negara-negara ASEAN secara bersama menyumbangkan kenaikan sebesar 6%, setara dengan kenaikan yang dialami kawasan Eropa.

Menurut Barometer Pariwisata Dunia WTO, kuartal pertama biasanya menyumbangkan sekira 28% total wisatawan dalam setahun.

Hasil ini juga menunjukkan kenaikan kunjungan wisatan akan terus berlangsung hingga kuartal kedua, yang lazimnya menyumbangkan persentase terbesar dalam nilai total tahunan.

UNWTO memperkirakan, data positif pariwisata dunia ini tidak terlepas dari naiknya tingkat kepercayaan warga dunia pada sisi keamanan. Beberapa negara yang sempat diterpa isu dan ancaman keamanan, seperti Jerman, Perancis, dan Turki juga mengalami kenaikan.

Panel ahli pariwisata dari WTO menyatakan, tren positif pada kuartal pertama 2017 merupakan lonjakan tertinggi dalam 12 tahun terakhir

Editor: Iman Febri


Berita Terkait

Komentar