Mengintip Potensi Wisata Alam di Manggarai Barat

Senin, 29 Mei 2017 | 10:26 WIB
Share Tweet Share

Salah satu objek wisata di Labuanbajo [ist]

[LABUAN BAJO] Labuan Bajo adalah sebuah kota kecil diujung barat Pulau Flores. Kota yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Manggarai Barat. Labuan Bajo adalah gerbang utama, bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Taman Nasional Komodo, rumah bagi binatang langkah Varanus Komodensis. Pesona Labuan Bajo, ternyata tidak hanya Komodo saja, masih banyak potensi wisata alam yang wajib dikunjungi. Berikut ini adalah beberapa potensi wisata alam yang sayang jika tidak dikunjungi, ketika ingin berlibur ke Labuan Bajo. 

1. Gua Batu Cermin

Gua ini terletak di sebelah timur dari Bandar Udara Komodo, sekitar empat kilometer dari pusat kota. Gua Batu Cermin merupakan sebuah terowongan atau gua di bukit batu yang gelap. Sinar matahari yang masuk melalui cela-cela dinding gua, dipantulkan kearah yang lain, seolah-olah seperti cermin memantulkan sinar matahari. Gua Batu cermin dikeliling oleh hutan bambu, dimana anda dapat menemukan Kera ekor panjang dan Babi Hutan.

 2. Air Terjun Cunca Wulang

Air terjun Cunca Wulang berdada diketinggian 1. 200m diatas permukaan laut dan terdapat di kawasan hutan Mbeliling. Air yang mengalir dingin dan sejuk. Di dasar air terjun, anda bisa berenang atau melompat dari bebatuan yang ada dikeliling air terjun. Ari Terjun Cunca Wulang berjarak sekitar 30km dari Labuan Bajo, dan dapat ditempu selama satu setengah jam hingga dua jam perjalanan.

 3. Air Terjun Cunca Rami

Merupakan salah satu air terjun yang berada di kawasan hutan Mebliling, diketinggian sekitar 1.200mdpl. Air Terjun Cunca Rami memliki ketinggian 30m, dengan debit air yang cukup besar. Memiliki kolam alami yang cukup luas untuk dijadikan tempat berenang.

 4. Gua Alam Rangko

Gua ini terkena karena air yang berada di dalam gua ketika dikecap terasa asin seperti air laut. Gua Rangko ini berada di desa Rangko. untuk mencapai gua, bisa dijangkau dengan kendaraan melalui perjalanan darat atau melalui local boat dengan perjalanan sekitar 1 jam sampai dibibir pantai. Anda harus berjalan kaki sekitar 20 meter sampai dibibir gua. Kemudian masuk ke dalam gua.

5. Istana Ular

Gua alam yang didalamnya terdapat banyak ular, sehingga tempat ini disebut Istana Ular,  terletak di Kecamatan Welak. Disinin banyak dijumpai berbagai jenis ular seperti Pyton ukuran besan hingga ular hijau. Untuk memasuki gua ini, pengunjung sangat disarankan untuk menggunakan jasa pawang dari desa setempat, sekaligus melalukan ritual kecil sesuai dengan tradisi warga setempat.

 6. Hutan Mbeliling

Merupakan kawasan hutan lindung. Di Hutan Mbeliling terdapat banyak jenis burung-burung Flores. Alam yang masih asli dan asri. Bagi pengunjung yang memiliki minat khusus untuk menikmati kicauan burung-burung, hutan Mbeliling merupakan tempat yang tepat.

 7. Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang adalah danau vulkanik yang terletak disebelah tenggara Kawasan Hutan Mbeliling. Danau ini berada diketinggian sekitar 750 mdpl. Danau Sano Nggoang  memiliki bau blerang yang menyengat sebagai daya tarik. Aktifitas mandi untuk kesehatan kulit menjadi kegiatan yang menarik dan banyak diminati oleh pengunjung. Danau Sano Nggoang, berjarak sekitar 63km dari Labuan Bajo dan dapat ditempu dengan 3 jam perjalanan menggunakan kendaraan dari Labuan Bajo.

Yuk kita intip paket wisata disana? 

Editor: Leonard Embo


Berita Terkait

Komentar