Jokowi Dinobatkan Sebagai Rato Sumba Barat Daya

Rabu, 12 Juli 2017 | 19:30 WIB
Share Tweet Share

Kuda Sandalwood yang diberikan kepada Presiden Joko Widodo, sebagai simbol penobatan mantan walikota Solo ini sebagai Rato. [foto: indonesiakoran.com/dionisius umbu]

[TAMBOLAKA] Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), dinobatkan sebagai Rato di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Penobatan mantan gubernur DKI Jakarta itu sebagai Rato atau tokoh adat Sumba Barat Daya, sebagai bentuk penghargaan dan terima kasih atas kunjungannya ke daerah itu, Rabu (12/7/2017).

Penobatan Jokowi sebagai Rato itu dilakukan secara adat oleh Bupati Sumba Barat Daya, Markus Dairo Talu, didampingi Ketua Dekranasda Sumba Barat Daya, Ratu Wulla Talu di Pendopo Rumah Jabatan Bupati.

Penobatan Jokowi sebagai Rato itu ditandai dengan pemberian parang khas Sumba berhulu gading, selembar kain dan juga seekor kuda Sandalwood. Tak hanya itu, Jokowi juga dikenakan pakaian adat khas Rato.

Di hadapan ribuan warga yang memadati Lapangan Galatama yang berlokasi di dekat Rumah Jabatan Bupati Sumba Barat Daya, Jokowi mengucapkan sukacitanya atas sambutan pemerintah dan masyarakat se-daratan Sumba.

“Indonesia itu beragam dan keberagaman itu membuat masing – masing daerah miliki keunikan yang bisa dijadikan daya tarik untuk pengembangan pariwisata," ungkapnya.

"Keberagaman itu harus dimaknai sebagai kebanggaan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika,”tandas Jokowi, di sambut Payawou dan Pakallaka (pekikan/ yel khas Sumba) ribuan masyarakat Sumba yang dipandu oleh bupati Sumba Barat Daya.

Jokowo hadir ke daerah itu, guna menyaksikan secara langsung pelaksanaan Parade 1001 Kuda Sandalwood dan Parade 2017 Penenun Kain Ikat Khas Sumba. 

Jokowi bahkan sempat berdialog langsung dengan para penenun, menaiki kuda Sumba dan memberikan hadiah sepeda kepada dua orang kepala desa yang bisa menjawab pertanyaan seputar kebangsaan dan kbhinekaan yang dilontarkannya.

Reporter: Dionisius Umbu
Editor: San Edison


Berita Terkait

Nusantara

Presiden Jokowi Batal Buka Pesta Kesenian Bali

Sabtu, 10 Juni 2017
Nusantara

Di Perbatasan, Ada Kampung Jokowi

Senin, 12 Juni 2017

Komentar