SPKS Sintang Ajak Masyarakat Hijaukan Lingkungan

Selasa, 06 Juni 2017 | 00:10 WIB
Share Tweet Share

Penanaman pohon bersama oleh perwakilan SPKS dan PMKRI Cabang Sintang, serta kepala Desa Buluh Kuning dan staf pemerintahan Kecamatan Sepauk. [foto: aurelia]

[SINTANG] Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat, menggelar sebuah kegiatan bertajuk 'Alam Untuk Kehidupan', Senin (5/6/2017).

Kegiatan yang mengandeng Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Sintang ini, dipusatkan di Kantor Desa Buluh Kuning, Kecamatan Sepauk, Sintang.

Dalam pantauan indonesiakoran.com, sekitar 20 peserta yang ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Selain pengurus SPKS dan PMKRI Cabang Sintang, tampak juga hadir Kepala Desa Buluh Kuning, Rudi Habidin, dan staf pemerintahan Kecamatan Sepauk, Samson.

Pada kesempatan tersebut, selain penanaman pohon bersama, juga dilakukan pengolahan kompos sekam menjadi pupuk organik.

"Melalui kegiatan ini, SPKS Sintang mengajak semua elemen masyarakat di Desa Buluh Kuning khususnya dan Sintang umumnya, agar tergerak untuk menanam pohon terutama pohon buah-buahan maupun pohon hias guna menghijaukan lingkungan," kata Apit, SP, Sekretaris SPKS Sintang, di sela-sela kegiatan tersebut.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pengolahan sekam padi menjadi pupuk organik.

"Jika diolah, sekam dapat menyuburkan tanah. Selama ini masyarakat tidak mengolah sekam padi, namun terkadang dibakar dan mengakibatkan tercemarnya lingkungan," ujarnya.

Terkait keterlibatan anak-anak muda dari PMKRI Cabang Sintang dalam kegiatan ini, diakuinya hal tersebut sengaja dilakukan agar generasi muda memiliki kepedulian pada lingkungan.

"Diharapkan dengan keterlibatan generasi muda, khususnya dari PMKRI, maka ke depan anak-anak muda akan semakin peduli dan memperhatikan lingkungan," pungkas Apit.

Reporter: Aurelia

Editor: San Edison

Tag:

Berita Terkait

Komentar