Kapal Dagang Filipina Menabrak Kapal Perusak AS

Sabtu, 17 Juni 2017 | 08:08 WIB
Share Tweet Share

Kapal perusak milik Angkatan Laut AS ‘Fitzgerald’ bertabrakan dengan kapal d

[TOKYO] Kapal perusak milik Angkatan Laut AS ‘Fitzgerald’ bertabrakan dengan kapal dagang berbendera Filipina di Barat Daya Yokosuka, Jepang. Media Jepang menyebut, tujuh anggota awak kapal AS kemungkinan besar hilang dalam insiden tersebut.

Tabrakan terjadi Jumat kemarin, pukul 2.30 waktu setempat (1730 GMT), sekitar 56 mil laut Barat Daya Yokosuka. Kejadian ini adalah sebuah insiden langkah yang terjadi di perairan tersebut.

Otoritas AS menyebut, jumlah awak kapal yang hilang belum dapat dipastikan. Namun, satu pelaut AS yang cedera dievakuasi oleh helikopter penjaga pantai Jepang. Kapal 'Fitzgerald' mengalami kerusakan pada sisi kanannya di atas dan di bawah garis air,"demikian pernyataan resmi Angkatan Laut AS.

Penyiar TV Jepang, NHK memperlihatkan rekaman udara sejumlah kerusakan yang dialami oleh kapal AS. Kapal tersebut penyok di sisi bagian kanan. Kemungkinan besar, peralatan radar kapal tersebut juga mengalami kerusakan dan tidak berfungsi.

Saat ini ‘Fitzgerald’ tengah dalam perjalanan menuju Tokyo dengan daya yang dimilikinya sendiri. Dan, untuk memastikan kapal tersebut mampu sampai ke Tokyo, Angkatan Laut AS juga telah mengirimkan kapal bantuan ‘USS Dewey’ dan dua kapal lainnya.

 

Editor: L. Mbo


Berita Terkait

Komentar