Trump Umumkan AS Mundur dari Kesepakatan Paris Mengenai Perubahan Iklim

Minggu, 04 Juni 2017 | 07:13 WIB
Share Tweet Share

Pidato Trump [ Foto: La Prensa]

[WASHINGTON] Presiden Donald Trump mengumumkan kemarin di Gedung Putih bahwa negaranya akan keluar dari Kesepakatan Paris mengenai perubahan iklim yang diadopsi oleh hampir 200 negara pada tahun 2015 lalu.

Beliau beralasan bahwa kesepakatan tersebut merupakan “suatu contoh yang merugikan Amerika Serikat”. Beliau pun mengatakan bahwa dia akan berusaha untuk melakukan negosiasi demi mencapai suatu kesepakatan yang “lebih baik” daripada yang di Paris tersebut.

Dia berkeyakinan bahwa Amerika Serikat “memerlukan energi dengan cara apapun yang dimiliki negaranya” atau “akan berada pada suatu ancaman yang sangat serius menuju kemunduran dan pemadaman (listrik) secara masif”.

Kesepakatan Paris bermaksud untuk menggantikan Protokol Kyoto pada tahun 2020 yang mana tujuannya: “mempertahankan suhu rata-rata dunia dua derajat di bawah level selama masa sebelum adanya industri”.

Kesepakatan Paris mulai diberlakukan sejak 4 November 2016 lalu yang merupakan sebuah kesepakatan yang pertamakali dibuat tentang perubahan iklim.

Koresponden: Maks Sarjon

Editor: Reno Risanti


Berita Terkait

Komentar