Resensi Buku Omnia in Caritate Mgr Siprianus Hormat, Uskup Ruteng

Sabtu, 29 Februari 2020 | 02:29 WIB
Share Tweet Share

Buku Menyambut Tahbisan Mgr Siprianus Hormat Uskup Keuskupan Ruteng.

"Lakukan Semua dalam Kasih" 

[INDONESIAKORAN.COM] Omnia in Caritate adalah moto yang dipilih oleh Mgr. Siprianus Hormat, Uskup Keuskupan Dioses Ruteng, yang akan ditahbiskan pada 19 Maret mendatang. Sesanti ini memotret pengalaman imannya akan Allah Tritunggal yang adalah Kasih. Bahwasanya, Allah yang ia imani dan alami adalah Allah Yang Mahakasih. Dan, sejak ditahbisankan imam pada Oktober 1995, ia menyerahkan seluruh hidup dan kebebasannya dalam pangkuan Bunda Gereja karena kasih dan dalam kasih.

Hampir seluruh tugas pelayanan yang dijalankannya entah sebagai dosen di STFK Ledalero, formator untuk para calon imam di Seminari Tinggi Ritapiret atau sekretaris eksekutif KWI, selalu berlandaskan pada kasih. ”Kita boleh berbeda dalam cara pandang, tapi dalam kasih perbedaan itu akan berlabuh pada kepentingan yang lebih besar, yakni bonum commune” (hlm.153).

Buku “Lakukan Semua dalam Kasih: Kenangan Tahbisan Mgr. Siprianus Hormat” merangkum, menjembatani, dan mengelaborasi sesanti itu dalam tiga spektrum besar. Pertama: Penggembalaan Mgr. Sipri dari aspek doktrin Gereja. Seorang uskup adalah seorang gembala dan contoh paling purna dari gembala yang baik adalah Kristus sendiri. Dengan moto ini, Mgr. Sipri berupaya dalam kesatuan dengan Gereja universal, para imam, dan seluruh umat Keuskupan Ruteng berupaya menjadi gembala yang baik bagi semua.

Kedua, penggembalaan Mgr. Sipri dalam perjumpaan dengan budaya lokal dalam hal ini budaya Manggarai. Beliau dan seluruh gembala terbaptis dan tertahbis serta seluruh umat Keuskupan Ruteng diajak untuk menjadi gembala bagi tradisi, tetapi juga guru yang belajar dan mengajarkan serta mendalami keduanya, serta nabi yang mengharmoniskan keduanya sebagai dasar historis, kultural, dan sosial iman, sehingga semuanya akan berada kasih (Omnia in Caritate) (hlm. 30).

Ketiga, penggembalaan Mgr. Sipri dalam perjumpaan dengan persoalan kemanusiaan di Manggarai, seperti kemiskinan, kerusakan lingkungan hidup, perempuan yang terpinggirkan, merebaknya budaya populer, kehadiran industri wisata yang meminggirkan masayarakat kecil, pendidikan yang masih tertatih-tatih, dll. Persoalan-persoalan kemanusiaan itu menantang sekaligus menagih kecekatan dan keberpihakan beliau, agar dalam kasih, wajah duka dan kecemasan umat dan Gereja Katolik Manggarai diubah menjadi wajah kegembiraan dan harapan.
Gembal Gereja mesti hadir bukan saja memberikan kekuatan spiritual, melainkan mampu memberikan pertobatan sosial, ekonomi dan politik, agar seluruh pembangunan berbasiskan masyarakat lokal, berkeadilan, dan berkelanjutan. Moto ”Omnia in Caritate” dapat menjadi inspirasi bagi Gereja Katolik Manggarai untuk terus mendasarkan karya pelayanan apa pun pada nilai cinta kasih.

Akhirnya, buku ini sangat kaya akan gagasan dalam rangka mewujudkan moto Mgr. Sipri Hormat menjadi peristiwa iman yang membebaskan bagi Gereja Katolik Manggarai. Di dalamnya, dengan beragam perspektif, menguraikan secara holistik dasar dan konskuensi pilihan moto itu dalam tugas penggembalaan Mgr. Sipri di bumi Nuca Lale. Umat Katolik Manggarai, baik yang di diaspora maupun yang berada di Tanah Congka Sae, mestinya membaca buku ini. Dengan demikian, mereka mengenal dengan baik visi dari gembala mereka. Pengenalan yang baik itu, niscaya melahirkan tindakan konkret yang selaras dengan harapan sang gembala. (Rian Safio) 

Editor: Elnoy


Berita Terkait

Komentar