Sepulang dari Indonesia, Pria Jepang Diduga Positif Korona

Minggu, 23 Februari 2020 | 23:07 WIB
Share Tweet Share

Ilustrasi

[TOKYO, INDONESIAKORAN.COM] Pemerintah Kota Tokyo mengumumkan, Sabtu (22/2), seorang pria berusia 60-an yang bekerja untuk fasilitas kesehatan orang lanjut usia atau manula di Tokyo telah terinfeksi virus korona baru (Covid-19).

Menurut laporan penyiar publik Jepang, NHK, seorang pria Jepang telah dites positif dengan Covid-19 tidak lama setelah bepergian ke Indonesia.

Pria itu merupakan anggota staf sebuah fasilitas perawatan warga lanjut usia, mengunjungi sebuah institusi perawatan kesehatan pada 12 Februari setelah ia mengalami gejala-gejala seperti pilek. Tetapi ia kembali ke rumah pada hari yang sama karena hasil diagnosa tidak menderita pneumonia.

Dia kembali bekerja pada 13 Februari. Dia menghabiskan 14 Februari di rumah dan kemudian dilaporkan bepergian ke Indonesia dalam sebuah liburan keluarga pada 15 Februari.

Laporan NHK tidak menentukan tujuan pasti pria itu di Indonesia.

Pria itu dirawat di rumah sakit setelah kembali ke Jepang pada 19 Februari karena kesulitan bernafas, dan dikatakan dalam kondisi serius.

Siaran pers dari Tokyo Novel Coronavirus Infectious Disease Control Centre di situs web pemerintah metropolitan Tokyo menyatakan ia mengalami gejala-gejala pada 12 Februari.

Namun, rilis tersebut tidak menyebutkan riwayat perjalanan ke Indonesia, hanya mengatakan pria itu tidak memiliki riwayat perjalanan ke Tiongkok dalam waktu 14 hari sebelum timbulnya gejala. Kondisi pasien dicatat sebagai ‘serius’.

Editor: Heri


Berita Terkait

Internasional

Singapura Nyatakan Terima Kasus Pertama Virus Corona

Jumat, 24 Januari 2020
Internasional

Lima Orang Terinfeksi Virus Korona di Prancis

Kamis, 30 Januari 2020

Komentar