Heboh, Bupati Lebak Iti Jayabaya Panjat Truk Pengangkut Tanah

Rabu, 19 Februari 2020 | 15:31 WIB
Share Tweet Share

Aksi Bupati Lebak Iti Jayabaya saat Panjat Truk Pengangkut Tanah

[LEBAK, INDONESIAKORAN.COM] Bupati Lebak, Banten, Iti Oktavia Jayabaya mendadak jadi perbincangan luas warganet setelah aksi menyetop sebuah truk pengangkut tanah di Kecamatan Curug Bitung, Lebak, Banten, Selasa (18/2).

Bukan hanya menyetop truk, Iti juga memarahi sopir truk dan naik ke bagian kemudi untuk mengambil kunci mobil.

Dalam akun Instagram terverifikasi Iti Oktavia Jayabaya, @viajayabaya, sang bupati menjelaskan kejadian itu berlangsung di Kecamatan Curugbitung-Maja.

"Di jalan saya mendapati Truck2 besar pengangkut tanah merah yang sama sekali tidak menguntungkan Kab. Lebak," tulisnya.

Dia menegaskan, Pemkab Lebak tidak pernah ada niatan untuk menghambat pihak manapun yang ingin melakukan usaha. Tapi, setiap usaha selain harus dilengkapi dengan perizinan sesuai ketentuan, juga tidak boleh merugikan pihak lain, khususnya masyarakat pengguna fasilitas umum.

Keberadaan angkutan galian tanah merah ini, sambung dia, tetap harus menaati ketentuan beban kelas jalan. Apalagi, ruas jalan tersebut dibangun menggunakan uang negara yang berasal dari pajak masyarakat.

"Saya sudah cukup mengingatkan dan aparat saya berulangkali sudah menertibkan, tapi rupanya oknum2 ini masih juga membandel. Tidak ada cara lain, kami amankan kunci2 mobil angkutan, alat beratnya dan identitas berupa KYP/SIM Supir dan mandor di lokasi galian, apabila masih punya itikad baik, silahkan datang temui Saya. Demi warga masyarakat Lebak, Saya akan pasang badan. Mari kita jaga bersama Lebak ini dan jangan pernah lelah untuk mencintai Lebak."

Menurut akun instagram @inforangkasbitung yang membagikan video aksi tersebut, Iti marah karena truk pengangkut tanah yang saban hari melintasi daerah tersebut membuat jalanan rusak dan licin sehingga menuai protes warga.

Aksi tersebut dilakukan Iti bersamaan dengan inspeksi yang dia lakukan di proyek galian tanah Curugbitung. "Bupati juga menantang pengusaha proyek galian tanah untuk menemui dia langsung. Kunci pun diambil langsung oleh beliau dengan naik ke atas truk," tulis akun @inforangkasbitung. 

Editor: Marselus


Berita Terkait

Komentar